dan nikmati setiap prosesnya.

Thursday, March 14, 2013

[ Riak-riak Rasa, Kala Ia Memanggilku ]

17 February 2013, Diary Note
Terima kasih ukhti buat pinjaman bukunya
Sepotong kalimat di bukunya menginspirasi tulisan ini, Riak-riak Rasa ...






Kala Pagi itu Ia Memanggilku, Riak-riak Kedua pun Kian Hidup


       Minggu Pagi, (^_^)
       Ane mencoba mengumpulkan kembali senyum-senyum yang tenggelam bersama keheningan malam yang menusuk itu. Senyum. Yah, semoga bisa menguatkankan hati. Ane yakin itu hal terkecil yang mampu membuat manusia bahagia. Sesakit dan sesulit apapun. Paksain senyum. Itung-itung ibadah. Analogi senyum bagi ane adalah pagi hari. Fajar. Seperti minggu pagi ini. 

       Minggu pagi, (^_^)
       Masih dengan petang yang dingin. Pukul 05.00. Setelah berhasil 'ngoprak-ngaprik' kamar Si Adek, mengajaknya jalan-jalan pagi. Sebuah kebiasan remaja di kampung ane. Jalan-jalan dengan berbagai aktivitas anehnya. Hari Minggu pokoknya. Masih ingat ketika ane masih kecil dulu. Para remaja pada tumprek brek setelah sholat subuh di langgar pada menuhin jalanan. Setiap jarak tak kurang dari 5 meter, pasti sudah ada barisan 'grup A', kemudian 'grup B' dan seterusnya. Memang masih sepi, jadi mereka pada berbaris melintang 3/4 jalan. Tapi sekarang sudah jauh berbeda. Beda banget. Makin sepi juga makin rame. Anak-anak yang jalan pagi maskin sedikit, tapi pedagang sayur keliling kalau jam segitu udah pada 'whuuuusssh...whuuuus' ngejar setoran. Ckckck. Udahh banyak berubah. Dulu paling seneng jalan-jalan sambil liat cewe kampung sebelah, cari yang cakep-cakep, diajakin kenalan. Sekarang mah udah kagak ada yang mau jalan kaki buat begituan. Hlawong, udah pada naek motor. Jadi kalo jam 5 sekarang nih naek motor, nongkrong, beru liat orang lewat deh. Pada cari perhatian. Diteriakain. Sok kenal. Padahal mah kalo tu cewe nyamperin pasti kuga bakal pada bingung sendiri. Terus ada pula yang neriakin tukang sayur lewat. Dicegat-cegat ditengah supaya berhenti (Kalu ga begitu ga mau berhenti biasaya). Beli jajanan pasar. Itu pun kalau beruntung tukang sayurnya mau berhenti. Yang agak pendiem malah bakar-bakaran di pinggir jalan. Merasa sudah nyaman dengan hangatnya api unggunnya. Diem...diem...Eh, bau. Hahaha. Yang paling ekstrim diemnya malah tidur bekalung sarung. Walah. Gimana sih. Aneh. 


       Minggu pagi, (^_^)
       Masih bersama petang yang dingin. Kupajang senyum lebar-lebar. Si Adek pun juga begitu kayaknya. Dia mah ga mau jalan-jalan pagi. Dasar Adek katrok. Ckckckck. Maunya kalo diajakin. Itupun kalau yang ngajakin ane. Ane ngajakin kalu pulang kampung. Pulang kampung?? setahun dua kali. Wahaaa...makin katrok dong Si Adek. Jadilah akhirnya kita berdua jalan pagi. Ga usah pake lari. Jalan santai saja. Nikmatin udara pagi. Ane bawa camdig pinjaman. Buat ambil foto. Ngeksis. Berjalan melewati pasar kecil di perempatan, 100 meter dari rumah. Masih senyap. Baru beberapa pedagang saja yang nampak. Sesosok perempuan setengah baya. Sapa hangat pun langsung ane ucapkan
     "Puh Mur, prpun kabare?
     .....................
Operet kecil itu pun didendangkan lagi. Selalu seperti itu jika bertemu orang. Operet kesederhanaan. Penuh senyum hangat. (^_^). Beranjak pun dari pasar kecil itu. Melangkah kembali. Bercanda kembali dengan Si Adek. Selalu jadi bahan 'ceng-cengan' ane dia mah. Dan selalu dibalas dengan senyum sinisnya. Menunjukkan gigi gingsul kirinya yang manis. Sepanjang pagi memang jarang remaja yang keluar. Cuma ketemu segelintir rombongan aja. Itu pun ga ada yang ane kenal. Jauh di bawah ane. Hehehe. Cuek bebek ajee. 

       Minggu pagi, (^_^)
       Petang, akhirnya kau pergi. Biarkan fajar meninggi. 
       Dari sisi timur. Pyaaaarrrrrrrrrrrrrrrr... Kau datang juga. 



Duduk manis nikmatin pagi itu. Di pinggir jalan. Bersama iringan lagu "Way Back Into Love". Ritme kalem beraksen ngebit. Bener-bener nikmat. Hal yang ane suka jika pulang kampung. Ya, begini. Ngliatin matahari terbit. Menyinari padi-padi yang mulai menguning. atu sekedar menghangatkan air-air pengairan sawah. Atau paling tidak menampakkan wajah-wajah pejalan minggu pagi kala itu. Wajah-wajah remaja belasan yang pada suka ngumpul. 

       Minggu pagi, (^_^)
       Dari sisi selatan. Sepanjang jalan yang masih menyerupai gua. Karena rerimbunan pepohanan. Disertai tipis kabut pagi yang mulai pergi. Wajah riuh remaja belasan itu terlihat gembira. Berkumpulah yang segelintir tadi menjadi sekelompok remaja kecil. Entah apa yang mereka bicarakan. Mungkin juga lagi nikmatin pagi ini. Tau lebih tepatnya nikmatin masa remajanya. Asal kumpul. Hahahah



Eh, yang ini malah kagak jelas jongkok di 'galengan' sawah. Siapa sih itu? Mencurigakan. Hahahah. 


   
       Minggu pagi, (^_^)
       Dari sisi utara. Inilah gapura "Welcome Truneng Calm City". Yang dulu pernah ane tulis di tulisan sebelumnya. Gagah bukan main kan?? Ga bosan-bosannya memberi do'a pada orang yang melintasinya. Do'a "Selamat". Juga selalu ramah menyambut para pejalan kaki, pejalan motor, pejalan mobil, apa lagi ya?? Pokoknya itu deh. Menyambut "Selamat Datang". Dan sepasang kepala burungnya pun nampak galak. Tak segalak warnanya. Merah mudah. Hihihi. Selalu tegap dan tegas bilang 'Selamat Datang di Desa Truneng" 















Yah, sayangnya ada yang nempel tuh. Siapa lagi kalo bukan Si Adek. Pengen banget difoto. Mau jadi model ya Dek?? Dasar Si Adek.



       Minggu pagi, (^_^)
       Dari sisi barat. Yang paling ane demen. Pake banget. This is it. Udah dari dulu ane elu-elukan 'tanah-tanah' nya. Pagi itu, ia benar-benar membuatku terbuai, terpesona. Ditunjukkannya badannya yang tegap manis. Jelas, bersih. Waooow. Tak ada bosannya kupandangi dirinya. Salah satu 'tanah' dalam buku mimpiku. Ingin mencumbu wanginya. Mengguncang badannya. Menikmati satu waktu dengannya. Semalan pun sudah lebih dari cukup untukku. Dari dulu ane serasa dipanggilnya untuk segera menggapainya. Walau ane tahu. Itu ga gampang. Dia lah alasan keduaku pulang ke kota kecil ini. Ingin menikmati malam bersamanya. Merasa dingin kabut malam dalam peraduannya. Meninggalkan sejanak letih dunia.
       Lawu...hanya disana....ribuan mdpl.....




       Panggilanmu selalu meriak-riakkan daku
       Tunggu aku...di puncak syahdumu...




...................................................



Riak-riak Rasa itu...kian semarak

(...to be continued)
Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

0 comments

:) :-) :)) =)) :( :-( :(( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ :-$ (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

 
© 2011 Jeda . . .
Designed by BlogThietKe Cooperated with Duy Pham | Distributed by Tech Leaps

Released under Creative Commons 3.0 CC BY-NC 3.0
Posts RSSComments RSS
Back to top