dan nikmati setiap prosesnya.

Wednesday, March 20, 2013

[ Catatan Perjalanan Semeru, Menuju Puncak Abadi Para Dewa - Part. 1 ]

24-27 Agustus 2012, Summit Note



  Mendaki melintas bukit

  Berjalan letih menahan menahan berat beban

  Bertahan didalam dingin
  Berselimut kabut `Ranu Kumbolo`
  Menatap jalan setapak
  Bertanya-tanya sampai kapankah berakhir
  Mereguk nikmat coklat susu 
  Menjalin persahabatan dalam hangatnya tenda
  Bersama sahabat mencari damai
  Mengasah pribadi mengukir cinta
  Mahameru berikan damainya
  Didalam beku `Arcapada`
  Mahameru sebuah legenda tersisa`Puncak Abadi Para Dewa`.....

~Mahameru - Song of Dewa19 (1994)~



Libur Panjang



       Lebaran 1432 Hijriyah, atau Agustus 2012 tepatnya merupakan lebaran paling spesial sepanjang lebaranku sebelumnya. Merasakan euforia 'PK' alias 'Pulang Kampung' kedua kalinya, jauh lebih terasa 'wao' karena sudah 2 tahun meninggalkan kampung halaman. Dan mendapatkan jatah liburan panjang, 4 minggu, satu bulan full. Seminggu terakhir puasa ane nikmatin bersama keluaraga. Bener-bener nikmat. Sama pacar, ah pacar?? Mungkin nikmat waktu dulu. Sekarang kalau diinget-inget jadi nyeseg. Ah, dosa. Ah...ngomongin yang selanjutnya deh... 

       Salah satu semangat tertinggi untuk mengisi libur panjang 2012 itu adalah menjejakkan kaki di tanah tertinggi di Pulau Jawa, Gunung Semeru. Jauh-jauh hari sebelumnya Espe(Aditya) cs. sudah ada rencana buat kesana. Sejak Juli sebelumnya. Ane sudah bilang kemungkinan besar mau join untuk trip ini. Soalnya sebelumnya ane punya rencana buat ke Lawu. Udah pengen banget. Eh...pas pulkam kagak ada yang bisa diajakin. Lagipun pas itu bulan Puasa. Pada ga ada yang mau. Yaudah lah, akhirnya di fix-in buat ikut Trip Semeru Mapatra 2012.

       Jadilah seminggu awal yang padat. Mulai dari acara reunian sama temen-temen SMP, mengunjungi sanak saudara di Ngawi, juga mempersiapkan segala sesuatu untuk ke Semeru. Peralatan pendakian ane waktu itu belum lengkap, sama sekali belum. Sepatu tracking aja belom punya (sampai sekarang juga belom. hahaha, do'ain sob). Baru punya carrier 75+5 liter, Si Alpinist. Cover bagnya pun jatuh, terbang di jalan pas ane pulang. Waktu itu naek motor diboncengin Bapak. Tahu-tahu nyampe rumah udah kagak ada. Nasib. Dengan seadanya ane pun muter-muter Magetan-Madiun pinjem alat dari temen. 

       Jarkoman selalu di-sms-in Ketek (Ipin) minggu-minggu sebelum lebaran tersebut. Dan terkumpulah enam nama yang jadi calon penjejak Semeru. Technical meeting pun digelar dalam sekotak facebook chat. Via online. Karena posisi keenam tersebut misah di empat tempat, Jakarta-Tegal-Magetan-Solo. Sebenarnya kita satu kampus, memang  lagi libur panjang jadi udah pada pulang kampung semua. Lagi pu trip ini juga bawa nama UKM di kampus, UKM tercinta, Mapatra. Sesuai planning awal, kita berenam taggal 24/08 harus sudah berada di Malang. Dan tanggal 31/08, tiga orang yang harus sudah kembali ke Jakarta. Mereka bertiga usdah lulus, satu tingkat di atas ane dan ketiganya sudah mendapat tempat kerja. Tanggal 1 September masuk kerja. Yang dari Tegal berangkat bareng dari stasiun Senen tanggal 23/08 siang, Ane (Magetan) dan yang dari Solo naek kereta yang sama tanggal 24/08 pagi. Hasil technical meeting menunjuk ane jadi seksi dokumentasi. Tugasnya cari pinjaman kamera. Sama support akomodasi. Cari tiket kereta balik buat ke Jakarta. kalu tiket berangkat sudah pada pegang, kecuali ane. Tiket pulangnya yang susah. Namanya juga lagi lebaran. Susah minta ampun cari tiket kereta, udah pada kehabisan. Tiket balik buat tanggal 28/08. Jadilah tugas ane cari-in tiket buat mereka dari Stasiun Madiun untuk tanggal tersebut. Tiga kali ke stasiun. Pertama cari tiket bt ane sendiri. Madiun-Malang tanggal 23/08 (berangkat) dan Malang-Madiun tanggal 28/08 (pulang). Kemudian cari tiket buat teman-teman. Hasil : nihil. Habis, ludes. Paling cepet adanya tanggal 31/08. Yang terakhir tiket buat ane sendiri balik ke Jakarta menutup libur panjang. Madiun-Jakarta tanggal 06/09. Tiket terakhir di hari itu. Ane beli sehari sebelum lebaran. Mendadak. Memotong 1 minggu liburan untuk survey lokasi Gathering Prodi. Agak ga rela sih.



       Tiket berangkat sudah di tangan. "Kita tetap berangkat walu belum dapat tiket balik". Begitu kata si Kibo (Evan). Tiket balik cari di lokas saja. Nekat. Yah, nekat. Itulah kita. Tentunya dengan persiapan yang matang. List barang bawaan, bahan makanan dibagi-bagi tiap anak. Budget. Wooow. Yang di sms jarkoman sih setengah juta. Busyeet. Nekaat. Tetap berangkat. Pagi yang masih tersisa ane sempetin buat jogging. Siapin fisik. Dari informasi trek-nya bakal susah. Euforia Semeru bener-bener membuat ane semangat puasa. Sepanjang terik siang menunggang motor buntut keliling sana-sini, nyiapin ini-itu, pinjem 'tetek-bengek'. Hahahah. Gas terus.

       Lebaran pun datang. H-5. Idul Fitri 1432 H (19/08) yang kian sepi. Euforia Semeru juga menyepi. Seperti biasa. Silaturahmi sepanjang hari. Dari pagi sampai sore. Malam pun mash nyempetin silaturahmi ke keluarga temen sejawat ane. Besoknya silaturahmi ke rumah nenek yang di Ngawi, sepanjang hari pula. H-3. 21/08. Masih nyemptin jalan ke Grojogan Sewu, di Tawagmangu Karanganyar Jawa Tengah, lereng barat Gunung Lawu. Dulu sama pacar. Ah, pacar lagi. Kapok ane. H-2. 22/08, masih dengan aktivitas yang padat. Jadi panitia Reuni Akbar STM 1 Madiun. Pagi sampai siang. Sorenya bener-bener tepar. Padahal lusa subuh harus sudah stay di peron Stasiun Madiun, menanti Matarmaja. Yah. Kian mendekati hari H, aktivitas semakin digenjot, Euforia itu pun naik lagi. Terus naik. H-1 pun ga kemana-mana, cukup di rumah. Packing santai, sambil dengeriin lagu Dewa 19, Mahameru. Buat ngiming-ngiming angan agar tak mengendorkan semangat.

       Alpinist 75+5 liter, tas pinggang, sandal trek 2 pasang, P3K, logistik, pakaian, kaca mata, duit, camdig, senter, dan peralatan pendukung lainnya OK.
       PDH Mapatra, Slayer, ROP.....
       
Para Dewa, tunggu kami, di puncakmu.....
Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

0 comments

:) :-) :)) =)) :( :-( :(( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ :-$ (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

 
© 2011 Jeda . . .
Designed by BlogThietKe Cooperated with Duy Pham | Distributed by Tech Leaps

Released under Creative Commons 3.0 CC BY-NC 3.0
Posts RSSComments RSS
Back to top