dan nikmati setiap prosesnya.

Saturday, December 07, 2013

[ Day 3 : Abstraksi Musik ]

Akhir-akhir ini aku sudah mulai meninggalkan kebiasaan menghabiskan waktu mendengarkan lagu-lagu. Tidak seperti beberapa tahun yang lalu. Yang ada adalah lagu-lagu itu  yang justru menikmati irama dengkuranku karena aku sudah terlelap di bantal hijau bermotif sapi di sudut kamar kosanku. 

Grup musik yang pertama kali kugemari adalah Dewa19. Entah bagaimana ceritanya, lirik-lirik yang disajikan komposernya cocok dengan kedua daun telinga. Dari situ pulalah aku menduplikasi beberapa frase nya untuk kujadikan puluhan puisi ketika STM dulu. Selebihnya aku menyukai musik Jepang. Alasannya satu, Naruto. Dari situ aku mengenal L'arc en Ciel dengan satu lagunya yang sedari dulu asik diplay, Feeling Fine. 

Mulai tiga tahun yang lalu aku berpindah haluan ke pada musik instrumental. Segebok lagu akustik milik Depapepe yang kucopy dari laptop temanku mengubah gayaku menikmati musik pada petikan nada tanpa lirik. Menurutku itu lebih interaktif dibandingkan lagu pada umunya. Aku tak hanya menjadi penikmat, namun menjadi vokalis sekaligus aktor dalam 3-5 menit pemusik memutarkan nadanya. Yah, itu ibarat sebuah lukisan abstrak yang bisa kita warnai, kita beri arti terserah kita. 

Ada dimensi yang mengajak kita untuk ambil bagian dalam sebuah musik akustik. Dimensinya memiliki batas yang sangat bebas. Kita memaknainya sesuai keinginan dan perasaan kita. Tak seperti lagu pada umumnya yang liriknya sudah distandartkan pengarangnya, yang terkadang bisa membelenggu kita.
Akhirnya, setelah palylist di HP yang sudah lama tak kuupdate semenjak laptop saya bermasalah 6 bulan lalu, ini dia 10 lagu yang dipilih si HP untuk #30DaysBloggingChallenge _Day 3 :

1. Red - Taylor Swift
     Mengapa aku memilih lagu ini sebagai awalan? Karena saya adalah Power Rager Merah. Hahahaha. Lagu baru Taylor Swift ini easy listening. Ngebit dan kece

2. Mint - Depapepe
     Sebuah lagu default sebagai nada sms 2 minggu terakhir ini. Kejenuhan bekerja membuatku menginginkan relaksasi sederhana dengan akustik simpel dari Depapepe ini. Sesuai judulnya, mint selalu diartikan dingin dan sejuk.

3. Lagu Cinta - Dewa19
     Sealu ada di daftar lagu di HP. Salah satu lagu favorit dari Dewa19. Liriknya romantis.

4. Dreams - Depapepe
     Tak jauh beda dengan yang 'Mint'. Akustik sederhana pengantar tidur.

5. Childish - Michelle Chen (Ost. You're the Apple of My Eye)
     Sekali menonton filnya, aku langsung suka. Dilanjutkan dengan mendownload gratis original soundtracknya. Childish=kekanak kanakan. Seperti aku yang menyukai anak-anak. Atau mungkin tingkahku yang masih sangat bocah.

6. Aku Disini Untukmu - Dewa19
     Genjrengan gitar intronya dengan outro vocal wanita bersahut-sahutan memberikan efek magis alam lagu ini. 

7. Memories - Ost. You're the Apple of My Eye
     Instrument dari keyboard yang sangat sederhana namun menumbuhkan tunas bunga di kebun hijau yang lama tak turun hujan. 

8. Yogyakarta - Kla Project
     Eh, kemarin kan baru dari jogja sama temen-temen #Blogger Nusantara. Lagu ini memang keren sekeren Jogja.

9. Fly Like the Wind - Sungha Jung
     Opening sing di daftar playlist blog ini. Kalo nglihat jarinya Sungha Jung maenin nih lagu, gue merasa jadi bodo jadi cowok. 

10. Eternal Pose - Asia Engineer
      Lagu paling favorit dari deretan OST. One Piece steha Watahi Ga Iru Yo. Jadi theme song saat aku duduk di buritan paling depan kapal motor yang mengantarkanku menuju Pulau Seribu dulu.





Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

0 comments

:) :-) :)) =)) :( :-( :(( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ :-$ (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

 
© 2011 Jeda . . .
Designed by BlogThietKe Cooperated with Duy Pham | Distributed by Tech Leaps

Released under Creative Commons 3.0 CC BY-NC 3.0
Posts RSSComments RSS
Back to top