dan nikmati setiap prosesnya.

Monday, November 25, 2013

[ Mimpi Punya Luxio ]

6-7 November 2013, Tempat Kerja



Tepat tanggal satu bulan ini, aku resmi memasuki dunia baru. Tempat baru dengan wajah-wajah baru di kanan kiriku. Bekerja. Tapi sebelum benar-benar masuk ke area kerja, seperti yang dialami semua karyawan baru aku dan tiga rekan ku yang baru masuk menjalani program training/dojo selama beberapa waktu. Sampai hari ini pun, aku menghabiskan hampir 8 jam waktu di kelas. Tiga rekan baru itu berasal dari latar belakang yang berbeda-beda pula. Satu dari Garut. Lulusan D3 salah satu perguruan tinggi di kota Bandung. Sebagai seorang Sunda, logat alus tipinya begitu kental dengan badannya yang maaf, sedikit agak tebal. Satu lagi dari Magelang. Tinggi putih dan sering menghilang entah kemana. Lebih banyak diamnya menunjukkan bahwa ada kepandaian yang dia sembunyikan di balik bahasa nya yang masih agak kaku. Satu terakhir ini selalu jadi tempat terbaik untuk jadi materi tambahan di sela-sela kebosanan kelas. Ditambah lagi kisah horornya dengan herper dan 'janda' di kampung halamannya. Hahaha. Sekilas tentang mereka.

Duduk di ruangan ber-AC, duduk monoton mendengarkan materi. Tak jauh beda dengan pembelajaran kuliah beberapa bulan yang lalu. Apalagi tentang isi materinya. Sudah hampir 90% kudapat saat kuliah dulu. Tentu saja. Aku berkuliah di kampus yang 100% milik A*tra dan kini bekerja di salah satu anak perusahaannya. Sering tanganku menopang daguku lekat lekat atau sesekali menirukan gaya Einstein menyetukan ujung ibu jari dan jari telunjukknya sedang jemari yang lain disetting bersilangan. Sebenarnya itu kulakukan untuk menutupi mulutku yang menganga mengantuk. Hehehehe. Dari kelima air minum dalam gelas di ruangan itu pasti aku yang memfinishkan isi nya pertama kali di setiap sesi. Banyak hal kulakukan agar tak membuat aku bosan sepanjang materi. Termasuk menulis semua informasi yang kudapat dari setiap slide dan ucapan trainer. Alhasil kalo aku perhatikan, catatanku pasti jauh lebih banyak dibandingkan tiga rekan baruku itu. Entah karena aku lebih tau duluan sehingga akselerasi menulisku begitu cepat atau memang aku yang benar-benar memperhatikan materi. Tapi yang pasti kuyakini hanya satu. Seperti yang diungkapkan Ali bin Abi Thalib, 'ikatlah ilmu dengan tulisan'. 

Di hari training ke empat dan kelima kami berempat berkumpul dengan 70 peserta training di pabrik yang lain (perusahaan tempatku bekerja memiliki 5 pabrik) untuk mendapatkan orientasi HR dari HO, tergabung dalam OJT Batch 242. Semuanya lulusan SMK. Kali ini aku mulai menjadi perhatian kelas. Lebih sering menjadi pemecah suasana. Pertanyaan-pertanyaan para trainer sudah kudapatkan sebelumnya sehingga kau menjadi tahu lebih dulu dibandingkan peserta lain. Tapi agar tak begitu mencolok aku selalu mengangkat tangan paling akhir. Setelah memutar pandangan 360 derajat dan tak satupun peserta mengacungkan telunjuk. Di samping kau, ada satu lagi peserta yang terlihat paling aktif di kelas itu. Si Ketua Kelas, asli Mojokerto. Jawa Timuran seperti aku. Jawaban tegas bersemangatnya membuat seorang trainer berkata kepadanya, "kamu ga jadi tentara atau polisi saja?". Memang sih, dia berbadan tegap dengan sikapnya yang selalu berapi-api. Pilihan tercocok sebagai ketua kelas.

Singkat cerita aku dan Si ketua Kelas menjadi peserta teraktif pilihan trainer selama dua hari HR Orientation. Dan sebagai reward ada dua miniatur mobil daihatsu yang kami perebutkan. Kenapa diperebutkan? yah, karena salah satunya adalah miniatur Daihatsu Ayla Ungu, produk baru pabrik ini. Masih keren dan New Release. Anget di pasaran dan ramai di perbincangkan. Miniatur yang lain adalah tidak terlalu mewah. Luxio putih polos yang kurang begitu familiar. Pun aklhirnya kami memperebutkan Si Ungu keren di depan kelas. Tiga pertanyaan dadakan disediakan trainer. Pertanyaan pertama, aku kalah mengangkat tangan dan jawaban dia benar. Satu poin. Pertanyaan kedua dia mendahului kembali namun menjawab salah, dilemparlah ke aku dan aku menyelesaikan dengan baik. Poin sama. Suasana menjadi riuh saat pertanyaan selanjutnya diajukan oleh peserta lain.  Tapi kami berdua tak bisa menjawab. Akhirnya pertanyaan diambil kembali oleh trainer. Beberepa pertanyaan diajukan. Sesi ini aku mngangkat duluan, tapi jawaban selalu nyaris benar. Tibalah pertanyaan akhir yang olehku asing namun bagi pesaingku sangat mudah. Ternyata hanya beda penamaan saat training sebelumnya. Aku pun kalah. Duduk dan menenteng Si Putih.


Tak apalah, bukan sesuatu hal besar untuk ku sesalkan. Ini hanya reward sederhana. Penyemangat para peserta training. Kutata Si Putih tepat di depan ku. Disamping tumpukan buku dan helm merahku. Kupandangi lama-lama. Lucu juga. 

Tiba tiba pikiranku terbawa pada masa OJT Kampusku setahun yang lalu. Di sebuah bengkel perawatan mobil daihatsu. Kala itu ada sebuah mobil putih polos masuk melakukan perbaikan. Ada yang aneh pada mobil itu. Dari kejauhan adalah profil mobil Luxio. namun setelah didekati dan diperhatikan lebih jauh kutemukan logo depan adalah Toyota. Kemudian berjalan memutari ke belakang dan kudapatkan dua kata "Town Ace". Mobil apa ini?

Setelah menanyakan pada senior kuketahui bahwa ini adalah mobil daihatsu versi ekspor ke Jepang. Keren juga kataku. Terlebih lagi desain interior yang jauh dari Luxio pada umunya. Fitu-fitur yang lebih lengkap. Juga teknologi yang dicangkok ke dalamnya, standar keamanan tingkat Jepang yang jauh di atas negeri kita. Dan aku pun berkata, "Besok nanti aku pengen punya yang seperti ini ah. Keren. Tapi gimana caranya ya?"

Sore itu Tuhan menjawab 20% pertanyannku setahun yang lalu. Bagiku 20% itu ibarat pemantik api pada sebuah korek gas. Titik nyala awal yang akan terus membakar mimpi punya Luxio putih, juga mimpi-mimpi yang masih tercecer lainnya.
Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

0 comments

:) :-) :)) =)) :( :-( :(( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ :-$ (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

 
© 2011 Jeda . . .
Designed by BlogThietKe Cooperated with Duy Pham | Distributed by Tech Leaps

Released under Creative Commons 3.0 CC BY-NC 3.0
Posts RSSComments RSS
Back to top