dan nikmati setiap prosesnya.

Tuesday, February 26, 2013

[ Riak-riak Rasa, H minus 1 ]

15 February 2013, Diary Note

Terima kasih ukhti buat pinjaman bukunya

Sepotong kalimat di bukunya mengisnpirasi tulisan ini, Riak-riak Rasa ...

Fragmen Kecil Ibu Pertiwi 

       Berbekal tiket kereta promo 'valentrain' yang ane dapatkan dari perjuangan semalam suntuk. Sampai-sampai jam 1 malam lari-larian antara kosan-Indomart-ATM. Ane bertolak dari ibukota menuju ibupertiwi, Home Sweet Home. Berjaket merah menggendong carrier besar merah dan bertas pinggang merah sarta berslayer merah, Ane serasa menjadi 'Power Ranger Merah' sepanjang perjalanan Kost'an sampai Stasiun Pasar Senen. Di Senen semua pada ngliatin, mungkin udah mirip "Fedi Nuril' yang lagi syuting film "5cm". Hahahah. Begitulah pukul 14.30 di antrian loket penukaran tiket indomart. 35 menit sebelum kereta Majapahit diputar haluannya menuju tanah-tanah yang ditinggalkan para perantau.

     "Welcome to Kereta Express Majapahit Relasi Malang-Jakarta". Sebuah slide tulisan yang sepanjang malam berlarian  pada layar di sepandang mataku. Ane serasa sudah merasakan ibupertiwi itu bersama mbak-mbak dari Malang yang kebetulan sebangku dengan ane. Keramahan Jawa Timuran begitu hangat dan kental bersama mereka. Menyatu dengan dingin AC kereta dan hujan di sepanjang malam perjalanan. 'Riak-riak rasa pun' mulai berasa. Semakin hangat dan kental ketika sesosok pria nyeletuk padaku.

   "Mediun mu ndi le?".  (Kamu berasal dari Madiun sebelah mana?)
   "Loh, kok tahu?".
   "Halah, ketok nggenah ko bathukmu". (Kelihatan jelas dari dahimu)
   "Emang neng bathuk-ku eneng tulisan 'plat AE' to mas?". (Emang di dahi saya ada tulisan 'plat AE' ya mas?)
   (plat AE : AE adalah plat nomor kendaraan Karesidenan Madiun, meliputi Madiun, Ponorogo, Magetan, Ngawi. Pemuda-pemuda di daerah tersebut sering menyebut dirinya sebagai 'plat AE)
   "Hahahahahaha...."

       Begitulah awal perkenalan kami. Sesosok pria paruh baya dengan perawakan yang tidak terlalu tinggi dengan wajah yang familiar jawa timur. Umur hampir 30-an lah.  Logat bicaranya pun ceplas ceplos khas orang-orang daerah Madiun. Yah itulah. Namanya Mas Rian Adi Saputra. Asli Caruban, Kabupaten Madiun. Di Jakarta sudah 13 tahun. Yang bikin ane kagum, 'grapyake' pada semua orang di kereta. Hampir setiap orang dia kenali. Mulai dari Petugas Cathering sampai Polisi dari Semarang. Akhirnya ane minta nomoh HP dia. Katanya dia bisa bantuain cari tiket kereta atau bus Jakarta-Madiun. Lumayan lah.

    "Takon wae jenengku neng sepanjang Terminal Kampung Melayu." (Tanyain nama saya di sepanjang Terminal Kampung Melayu)

Ane patut belajar dari dia untuk yang itu. Hahahaa. Tapi tidak untuk hal yang lainnya. Katanya dia hampir 'ngantemi' preman pasar senen. Dan yang lebih gila dia seneng banget godain wanita. Mbak-mbak yang sebangku dengan ane pun jadi ujung-ujungnya dapat bagian bahan pembicaraannya malam itu.

    "Cah 'loss' kok" ('loss' : bukan berarti 'hilang', ane ga tau tulisan yang bener untuk frase ini. Tapi kata ini bermakna sifat kebebasan, nyantai dan ga perduli kata orang. Kata pengembangan pemuda-pemuda sekitar Madiun)

Beberapa kontak di HPnya pun bikin ane ngakak. Hampir 90 persen adalah nomor handphone wanita, dan hampir kesemuanya dikasih nama yang nyleneh. Dari nama laki-laki khas jawa sampai nama pohon. Coba bayangkan. Nomor wanita dikash nama contact "Mas Bambang, Jati, Mahoni, Lamtoro, ...). Sumpah ane ngakak banget untuk yang satu ini.

Tapi untuk contact laki-laki ane kasih applause buat dia. Pas ane minta contact dia. Kemudan ane miscall. Biar nomor ane disimpen. Ngarep banget ya?. Biarin deh. Tapi apa yang dia minta ke ane?.

    "Kene tak poto!", kata masnya. (Sini, saya foto)
    "Laaaahh", balas ane. 
    "Buat kasih foto contact. Ben nek kowe telpon aku eling. Oh, Si Fredy Sunter" (Jika ada kamu telfon aku jadi ingat, Oh Fredy Sunter).

(Salam kenal ya Mas Rian Adi Saputra, salam buat keluarga juga. Sampai ketemu di Jakarta. Sepurane yo, nulis tentang sampeyan)
....................................................
Riak-riak Rasa itu...
(...to be continued)
Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

0 comments

:) :-) :)) =)) :( :-( :(( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ :-$ (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

 
© 2011 Jeda . . .
Designed by BlogThietKe Cooperated with Duy Pham | Distributed by Tech Leaps

Released under Creative Commons 3.0 CC BY-NC 3.0
Posts RSSComments RSS
Back to top